-->

Waspadai Penyebab Kerusakan Injeksi Bahan Bakar

Waspadai Penyebab Kerusakan Injeksi Bahan Bakar, Motor injeksi sekarang memang sedang naik daun dengan performa lebih baik daripada sebelumnya, memiliki banyak sekali keunggulan yang diantaranta irit bahan bakar menjadi pilihan utama masyarakat indonesia pada umumnya untuk beralih ke mesin injeksi, namun perlu diwaspadai karena kita sering mengabaikan hal-hal kecil penyebab kerusakan injeksinya. Nah untuk mengetahuinya mongggo silahkan dibaca sampai tuntas.
Salah satu penyebab kerusakan injeksi bahan bakar yang pertama adalah penggunaan premium dengan kualitas yang buruk dikarenakan sulitnya mendapatkan premium dengan kualitas yang baik terutama untuk daerah yang sedikit terpencil, sehingga banyak yang coba mengaplikasi octane booster agar performa mesin bisa lebih baik kayak pakai Pertamax atau bensin beroktan setara. Memang sih, tidak masalah juga, namun ternyata berdasarkan hasil riset pabrikan, ada beberapa peningkat oktan BBM yang dalam jangka waktu lama dapat mengacaukan kinerja FI.

Sebenarnya gak ada larangan menggunakannya (octane booster). Asalkan pastikan dulu kalau produk tersebut berfungsi dengan benar. Maksudnya efektif untuk meningkatkan oktan, namun tidak menimbulkan residu saat larut dalam bensin. Karena biasanya zat pewarna yang dipakai akan tertingal di filter sehingga membuat aliran bensin tersumbat. Parahnya lagi bila mengerak di dinding dalam pipa dan injektornya. Kalau sampai mengerak di saluran injektor, lanjut Abidin, spray quality-nya (kualitas semprotan) bakalan kurang mengabut sempurna alias masih dalam bentuk partikel yang besar. Meski volumenya sesuai. Sehingga jadi akan sulit dimixing (dicampur) dengan udara, yang efeknya membuat pembakaran jadi kurang sempurna. 

Ciri-ciri yang kerap ditemui jika sampai terjadi hal tersebut antara lain mesin jadi susah dinyalakan, lari motor ndut-ndutan atau mbrebet, konsumsi bensin boros, emisi gas buang buruk dan performa mesin ngedrop. 

Selain itu, tak sedikit pula para pemilik motor jenis ini ketika ingin meningkatkan performa dapur pacunya, filter udara lantas dilepas. Dengan sasaran untuk mendapatkan debit udara yang lebih banyak setelah suplai bahan bakar ditambah lewat penyetelan CO. Terutama di Yamaha V-Ixion. 

Dengan tidak adanya filter, otomatis udara yang umumnya bercampur debu akan masuk ke dalam throttle body hingga ke ruang bakar tanpa ada penyaringan. Akibatnya bisa ditebak, kotoran tersebut bisa nempel di dalam throttle body (TB) yang lama-lama akan menjadi kerak atau membuat dinding silinder baret. 

Nah, jika sampai kerak tersebut bersarang di lubang TB, terutama di seputar katup kupu-kupu, akan membuat gerak katup tersebut jadi terganjal. Akibatnya, stasioner mesin jadi tidak rata (kasar/bergetar) atau suka meninggi sendiri.

Demikian apa yang bisa admin share tentang Waspadai Penyebab Kerusakan Injeksi Bahan Bakar, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel