-->

Cara Mudah Atasi Suara Rantai Berisik Pada Honda Tiger

Cara Mudah Atasi Suara Rantai Berisik Pada Honda Tiger  ketemu lagi kawan otomotif dan topik yang akan kita perbincangkan kali ini tentang Rantai, yuks kita simak infonya.
Sebagai salah satu sepeda motor yang cukup melegenda, Honda tiger memang sangat luar biasa terbukti dengan banyaknya klub-klub motor khusus honda tiger yang ada di seluruh tanah air. Sepeda motor dengan mesin berkapasitas 200 cc ini sudah terbukti ketangguhannya di segala medan hingga Honda Tiger sering dijuluki sebagai si macan besi.

Namun meskipun demikian, berdasarkan informasi yang didapatkan dari beberapa pecinta Honda Tiger, mereka sedikit mengeluhkan permasalahan pada sepeda motornya yaitu tepatnya pada bagian gear dan rantai yang serig mengeluarkan bunyi berisik. Apa sih penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut informasi lengkapnya.

Penyebab munculnya suara berisik pada rantai biasanya karena merenggangnya rantai, gir yang menjadi tajam dan goyang karena pemakaian. Memang kalau untuk masalah ini solusi yang terbaik adalah menggantinya dengan yang baru, namun harga yang lumayan menguras kantong membuat para pengguna Honda Tiger menunda penggantian dan pasrah dengan suara gemerosok pada rantai.

Untuk mengatasi rantai yang merenggang, Anda dapat mengatasinya dengan memotong rantai tersebut. Caranya adalah dengan terlebih dahulu mengukur rantai kemudian potonglah sesuai dengan panjang standar rantai Tiger. Setelah panjang yang diinginkan di dapat, sambung kembali rantai tersebut dengan penyambung rantai yang banyak tersedia di bengkel-bengkel sepeda motor. Setelah itu lumasilah rantai dengan oli, gemuk atau Chain Lube.

Untuk masalah kedua yaitu gir rantai yang goyang sehingga hentakan rantai membuat bunyi berisik pada rantai, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut. Yang pertama harus Anda lakukan adalah melepas roda belakang motor kemudian lepas seal/pengait yang menempel pada ass roda. Setelah itu lepaskan gir rantai dari dudukannya yang didalamnya ada lubang 4 buah. Kemudian di lubang tersebut sisipkan ring karet atau ring biasa.

Perlu diperhatikan pada saat menyisipkan ring adalah ketebalan dari ring tersebut, agar seal/pengait ass dapat tetap terpasang dengan baik. Setelah ring terpasang dengan baik, pasanglah kembali roda gigi pada tempatnya berikut seal/pengait ass. Periksa kembali roda gigi yang telah terpasang, apakah masih goyang atau tidak. Jika masih goyang, lepaskan kembali roda dan periksa ring yang Anda pasang. Jika ringnya tidak goyang berarti Anda harus mengganti ring tersebut dengan yang lebih tebal.

Jika langkah-langkah tersebut telah dijalankan dengan benar, dijamin rantai Honda Tiger Anda bebas dari bunyi yang mengganggu. Tetapi bagaimanapun cara ini tidak akan bertahan lama, langkah paling bijak untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti rantai dengan yang baru. Karena jika Anda menyayangi Sepeda motor, maka sepeda motor juga akan menyayangi Anda dengan tidak membuat susah di jalan.

Cukup mudah dan simple khan teman, nah mungkin cukup sekian apa yang bisa admin share tentang Cara Mudah Atasi Suara Rantai Berisik Pada Honda Tiger, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel