-->

Ban Gundul Sebelum Waktunya, Ini dia Penyebabnya

Ban Gundul Sebelum Waktunya, Ini dia Penyebabnya, Halo sobat netters semua, Ban merupakan perlengkapan motor yang sangat vital, apalagi kalau kita tiap hari sering berkeliling dengan motor tunggangan kita, akan tetapi ban motor itu juga mempunyai masa, lambat laun  tipis dan habis komponnya. Namun, kita pernah menjumai kejadian belum waktunya ganti ban, sudah minta ganti itu sama dengan ada kesalahan perlakukannya. Ban yang awet sih bisa dua tahun atau sekitar 30.000 km penggunaannya . “Tapi kurang dari ini sudah mulus or botak, cara rawat dan perlakuannya yang salah,” jelas Totok dari dari bagian teknik FDR.
Ban Gundul Sebelum Waktunya, Ini dia Penyebabnya
Dan berikut ini hal-hal yang menjadikan penyebab Ban Gundul sebelum waktunya ganti.

Gaya mengemudi yang ugal-ugalan
Gaya mengemudi yang suka kamu juga salah satu sebab ban cepat habis. Apalagi bila sering mengerem yang muncul bunyi yang lama. Dipastikan ban akan tidak rata ausnya. Termasuk di dalamnya  gas-rem-gas-rem dengan ektrem. Habis itu gas full dengan akselerasi yang yahud. Itu sama dengan aksi 3 bulan. Maksudnya, ban yang seharusnya bisa tiga tahun, dengan carta ini hanya 3 bulan.

Jenis kompon ban
Ban harian diolah dari pabriknya pakai kompon reguler yang lebih keras dibanding ban balap yang menggunakan kompon lunak. Tak sedikit pengendara motor yang memilih ban balap untuk digunakan sehari-hari. Tentu saja enak, tapi risikonya cepat ganti.

Tekanan angin
Jika tekanan angin kurang, permukaan tapak ban yang bersentuhan dengan aspal lebih banyak. Akibatnya, kontak antara ban dan aspal juga banyak dan otomatisgesakan lebih besar. Ujungnya kompon ban banyak terkikis aus. Ban kempes juga akan membebani mesin, bahan bakar boros. Tekanan angin standar dengan beban rata-rata adalah depan 28 – 30 psi dan belakang 30 – 32 psi.

Kelebihan beban
Pada dinding ban tertulis beban maksimum yang boleh diterima oleh si karet. Beban berlebaihan bikin  gesekan antara ban dan permukaan aspal akan lebih besar. Bila motor memang dibeli tujuannya untuk angkutan berat, sebaiknya sejak awal pilih ban dengan load index yang lebih.

Suspensi Rusak
Bila suspensi rusak atau sokbreker tidak aktif, ban juga jadi benjol-benjol. Keausannya tidak rata lantaran tekanan suspensi pada aspal tidak rata. Makanya, bila ada ban yang tidak rata ausnya,  dipastikan dari kinerja suspensi

Nah sudah tahu khan sobat otomotif semua penyebab dari gundulnya ban kita. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel