Maniak Otomotif

Blog Penggila Otomotif

Cara Mudah Memperbaiki Jarum Bensin Motor Rusak

Maniak Motor - Cara Mudah Memperbaiki Jarum Bensin Motor Rusak, Selamat Sore sobat otomotif semua, apa kabar? pasti dalam keadaan sehat ya!! kali ini admin akan berbagi tentang tips dan cara yang pastinya akan sangat berguna bagi temen-temen semua, Simak baik-baik ya!!

Jarum bensin pada sepeda motor sangatlah penting, dengan adanya jarum bensin maka kita akan tahu seberapa banyak bensin yang ada di sepeda motor kita tanpa perlu melihat langsung pada tangki bensin.
Namun jika jarum bensin tersebut mengalami kerusakan, tentu saja akan membuat kita repot dan kurang nyaman karena takut kehabisan bensin saat berkendara. Oleh karena itu dalam ksempatan kali ini admin akan mencoba berbagi informasi tips untuk kamu dalam mengatasi masalah tersebut yaitu Tips dan Cara Perbaiki Jarum Bensin Motor Rusak, berikut informasi lengkpnya.

Jarum indikator bensin sepeda motor juga ada usianya. Bila usia tunggangan sudah lewat lima tahun, petunjuknya "ngaco". Informasinya penuh, padahal kapasitas di tangki kosong, atau sebaliknya. Banyak bikers tertipu, dan tak jarang harus menuntun kendaraannya ke SPBU.

Gejala seperti itu bisa disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari aki, pelampung di tangki, kelistrikan, atau bisa juga karena speedometer-nya. Harus diurut, biar ketahuan. Kita tidak bisa langsung memvonis speedometer yang rusak.

Berikut langkah pengecekan yang disarankan:
1. Aki. Tidak mungkin bergerak kalau aki sedang soak, atau kendaraan tidak ada aki. Lain soal, arus listrik langsung disambungkan dari spul lampu. Ciri-ciri melihat aki atau baterai sudah lemah sangat mudah, tinggal cek "kesehatan" bunyi klakson atau tekan tombol starter )kalau ada).

2. Pelampung. Setelah dipastikan aki masih sehat, berlaih ke pelampung. Coba cek dengan membuka jok, di sebelah tutup bensin biasanya ada semacam besi dengan kabel yang direkatkan ke bodi dengan baut.

Buka peranti itu, cukup menggunakan obeng plus. Lepas soketnya, dan sambungkan dua kabel yang menganga (bisa pakai jumper atau penghantar listrik lain). Setelah disambungkan, jika jarum di speedometer bergerak, berarti pelampung bermasalah.

Biasanya switch yang ada di pelampung mulai renggang karena terlalu sering terkena tekanan ketika bensin dikucurkan saat mengisi di SPBU. Banyak yang berusaha mengakalinya dengan mengikat, atau menambahkan cincin. Tapi tidak disarankan, karena cepat rusak lagi. Mending beli baru, harganya nggak lebih dari Rep 150 ribu kok.

3. Kelistrikan. Cek jalur kabel yang menggerakkan jarum. Skemanya, dari aki menuju sekering, diurut lagi ke kunci kontak, indikator jarum/ speedometer, dan kembali lagi menuju daerah pelampung. Tes dengan alat pengukur arus, jika ada yang tidak normal, berarti ada masalah pada jalur kabel.

4. Speedometer. Jika semua lolos dan jarum penunjuk masih tak normal. Dipastikan yang rusak bagian speedometer. Ada dua opsi terakhir, memperbaiki atau mengganti dengan baru. Perbaiki jika memungkinkan atau kerusakannya ringan seperti mekanis lengket karena kemasukan air, atau ada kabel yang putus.

Sekian apa yang bisa admin bagikan tentang Cara Mudah Memperbaiki Jarum Bensin Motor Rusak, semoga bermanfaat dan terimaksih sudah berkunjung.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Mudah Memperbaiki Jarum Bensin Motor Rusak"