-->

4 Cara Mudah Mengganti Aki Motor Dengan Baik dan Benar

Maniakotomotif.com - 4 Cara Mudah mengganti Aki Motor Dengan Baik dan Benar, Aki motor merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah motor. Aki merupakan sumber kelistrikan yang bisa memberikan tenaga kerja mesin pada motor Anda.  Oleh karena itu, aki merupakan bagian pada motor yang harus Anda rawat dengan sebaik mungkin.
Cara Mudah menganti Aki Motor
Aki dibagi menjadi 3 bagian yaitu aki basah (aki konvensional), aki hybrid, dan aki kering atau aki MF (Aki Maintenance Free). Dari ketiga jenis aki tersebut, harga aki kering yang paling mahal. Tetapi harga aki kering motor yang mahal tersebut setara dengan keunggulan yang bisa kita dapatkan. Apabila kita menggunakan aki kering, maka kita tidak perlu repot-repot melakukan perawatan (mengecek ketinggian air aki) seperti yang harus di lakukan pada aki basah dan aki hybrid.

4 Cara Mudah mengganti Aki Motor Dengan Baik dan Benar

Pada umumnya aki motor mempunyai masa pakai 1 – 3 tahun. Akan tetapi kembali lagi, panjang tidaknya usia pakai aki motor tergantung pada pemakaian dan perawatan. Apabila sudah melewati usia maksimal dan di rasa kinerja aki sudah mulai berkurang, maka sangat disarankan untuk mengganti aki motor dengan yang aki baru, jangan pernah anda mengabaikannya. Karena hal ini ditujukan untuk mencegah adanya kerusakan pada motor ataupun masalah pada motor.

Namun yang  jadi masalah ialah pada proses pemasangan aki. Walaupun terbilang cukup mudah, bagi Anda yang tidak tahu persis caranya secara mendetail, pemasangan aki pada motor ini bisa saja menjadi hal yang cukup sulit.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Cara Mudah mengganti Aki Motor. Berikut cara-caranya:

- Pertama, yang harus Anda lakukan  ialah dengan mencabut kabel-kabel pada aki motor yang lama. Tetapi, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam cara ini. Anda harus mencabut kabel negatifnya terlebih dahulu. Caranya ialah dengan longgarkan bautnya terlebih dahulu, setelah itu kabel-kabel tersebut dapat anda ganti. Setelah proses pencabutan kabel selesai, Selanjutnya anda dapat mencabut bagian baterai pada aki. Akan tetapi, Anda harus tetap berhati-hati. Anda harus memastikan bahwa posisi dari aki tidak terganggu, demi terhindarnya air aki yang tumpah.

- Setelah itu, Anda dapat memasang aki yang baru, untuk mengganti aki yang lama. Lalu, anda dapat mulai memasangkan kabelnya kembali. Pastikan bahwa kabel negatif anda hubungkan paling terakhir. Setelah itu, Anda pun bisa menambahkan cairan anti korosi pada aki baru milik anda. Fungsinya yaitu untuk mencegah terjadinya korosi pada terminal aki motor.

- Dalam proses pemasangan kabel, anda dapat sekalian mengecek kebersihan dari kabel-kabel tersebut. Apabila anda merasa kabel tersebut sudah terkontaminasi kotoran dan debu, Maka anda dapat membersihkannya terlebih dahulu dengan kawat kecil atau barang kecil lainnya. Setelah kabelnya bersih, Anda dapat menyambungkan kembali kabel-kabel tersebut. Pastikan setiap kabelnya terhubung dengan kuat dan kokoh dengan cara Bautnya dikencangkan.
Cara Mudah menganti Aki Motor
- Yang terkahir yaitu pengecekan ulang semua proses yang sudah tadi anda lakukan. Selain itu, saya sarankan anda untuk mengecek bagian regulator. Pastikan bahwa regulator masih bekerja dengan baik atau dalam keadaan normal. Kerusakan pada regulator dapat berakibat fatal pada aki, dan juga berakibat fatal pada motor Anda.

Sebenarnya memang terlihat cukup memusingkan, tetapi apabila anda sudah terbiasa, pemasangan aki ini akan sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu, Anda pun bisa menghemat waktu dan juga uang Anda dengan memasang aki secara mandiri, tidak perlu membawa motor Anda ke bengkel terdekat.

Demikianlah 4 Cara Mudah mengganti Aki Motor Dengan Baik dan Benar. Semoga dapat Bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya tentunya yang terupdate dan terpercaya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel