-->

LENGKAP! Kode Busi Motor dan Ukuran Busi Standart

Maniakotomotif - Kode Busi Motor dan Ukuran Busi Standart, Dalam bahasa inggris, busi biasa disebut dengan Spark Plug. Kode busi sepeda motor merupakan onderdil kendaraan bermotor yang berfungsi untuk membakar bahan bakar, yang sebelumnya sudah diolah terlebih dahulu oleh karburator dan kompresi pada ruang bakar.

Busi sepeda motor juga membutuhkan perawatan yang rutin, karena jika busi sepeda motor rusak maka bisa dipastikan motor akan mogok atau tidak bisa hidup secara normal.
Kode Busi Motor dan Ukuran Busi Standart
Sebagai parts motor yang paling krusial, perkembangan jenis busi dari tahun-ketahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Seiring berkembangnya teknologi sepeda motor yang sangat canggih, macam-macam busi pun beraneka ragam, ada tipe busi standar dan busi racing.

Cara Kerja dan Pengertian Busi sepeda Motor

Dalam sistem pengapian motor, busi sepeda motor memiliki fungsi untuk melentikan percikan bunga api yang akan membakar campuran udara dan bahan bakar yang sudah di proses oleh karburator.

Sehingga terjadi langkah dan usaha, cara kerja busi sendiri dimulai setelah arus listrik dihidupkan oleh koil motor (Ignition Coil) yang menghasilkan arus listrik bertegangan tinggi, kemudian arus listrik tersebut akan mengalir menuju distributor kabel tegangan tinggi menuju busi.

Saat arus berada pada busi. Arus listrik akan melompat dari elektroda tengah menuju elektroda negative (massa), proses ini mengeluarkan percikan bunga api yang berasal dari busi dan langsung membakar kabut bahan bakar sehingga mesin motor bisa menyala.

Cara kerja busi mungkin terlihat sederhana, tetapi kerja dari busi motor terbaik sangatlah berat, temperatur pada elektroda busi pada saat langkah pembakaran bisa mencapai suhu hingga 2000 derajat celcius.

Selain itu busi racing juga menerima tekanan yang tinggi terutama pada saat langkah pembakaran yang bisa mencapai 45 atm. Untuk itu bahan pembuat busi terbuat dari bahan yang tahan panas yang sangat baik.

Kode Busi Motor dan Jenis Busi Terbaik

Setidaknya ada 5 macam jenis busi yang beredar di toko onderdil dan paling sering digunakan pada berbagai jenis motor, tiap jenis tipe busi ini memiliki spesifikasi dan performa yang berbeda untuk disesuaikan dengan tiap jenis motor.

Jenis Busi Standart
Busi standar adalah busi yang sudah terpasang pada motor saat kita membeli motor baru, busi terbaik ini memiliki diameter elektroda 2,5 mm. Pada bagian ujung elektrodanya terbuat dari nikel. Harga busi jenis ini cukup murah, biasanya di banderol dengan harga 12 ribu hingga 15 ribuan. Jenis busi motor yang paling bagus untuk harian tentunya.

Jenis Busi Platinum
Busi sepeda motor terbaik Platinum ini banyak digemari oleh para bikers atau pemilik motor touring. Elektroda busi ini berdiameter antara 0,5 mm hingga 0,8 mm, ujung elektrodanya terbuat dari nikel serta center elektroda terbuat dari platinum sehingga pengaruh panas ke metal platinum bisa lebih kecil. Harga busi Platinum relatif terjangkau, biasanya dihargai 30 ribu hingga 35 ribuan.

Jenis Busi Iridium
Busi Iridium pada umumnya sering digunakan oleh para mekanik untuk mesin balap. Busi Racing ini memiliki ujung elektroda yang terbuat dari nikel dan center elektroda terbuat dari iridium Alloy berwarna platinum buram. Besarnya diameter elektroda busi iridium terbaik antara 0,6 mm hingga 0,8 mm. Harga busi Iridium ini tak berbeda jauh dengan harga busi Platinum, tergantung merk dan kualitas.

Jenis Busi Resistor
Busi tipe ini sering membuat bingung para konsumen karena memiliki logo R latin dengan font miring. Sehingga banyak yang mengira arti huruf R tersebut adalah busi Racing. Sebenarnya huruf R itu artinya Resistor. Busi jenis ini berguna untuk melindungi perangkat elektronik digital, berupa speedometer dan lainnya.

Maka busi sepeda motor terbaik ini cocok sebagai perlindungan perangkat elektronik motor. Harga busi Reistor ini dibanderol sedikit lebih mahal, mengingat fungsi dan kegunaanya yang sangat multi fungsi. Harga busi Resistor ini relatif cukup terjangkau, tergantung merk dan kualitas.

Jenis Busi Racing
Busi Racing terbaik ini khusus di desain untuk motor dengan performa tinggi, bahan pembuat busi yang tahan terhadap tekanan kompresi tinggi serta temperature mesin tinggi. Harga busi Racing ini lebih mahal dari harga busi lainya, karena busi Racing ini khusus untuk mesin full modifikasi.

Kode Busi Motor NGK dan Denso
Kode Busi Motor dan Ukuran Busi Standart
Sebagai panduan agar tidak salah pilih saat membeli busi baru, berikut ini admi akan menyajikan tabel kode busi standart dan ukuran busi semua motor. Yang kami rangkum adalah kode busi NGK dan kode busi Denso. Berikut daftar busi semua motor.

Busi Motor Honda

MOTOR NGK DENSO
Honda C70 / C700 C7HSA U22FS-U
Honda Star / Prima C7HSA U22FS-U
Honda Grand / Legenda C7HSA U22FS-U
Honda Supra X C7HSA U22FS-U
Honda Supra 125 PGM Fi CPR6EA-9 U20EPR-U9
Honda Kirana CPR6EA-9 U20EPR-U9
Honda Kharisma CPR6EA-9 U20EPR-U9
Honda Sonic 125 CR8E U24ESR-N
Honda CS 1 CR8E U24ESR-N
Honda Blade CPR6EA-9S U20EPR9S
Honda Revo C7HSA U22FS-U
Honda Revo ABS CPR6EA-9S U20EPR9S
Honda New Sonic 150R MR9C-9N U27EPR-N9
Honda Beat CPR8EA-9 U24EPR9
Honda Vario CR7EH-9 U22FER9
Honda Scoopy CPR8EA-9 U24EPR9
Honda Spacy CPR8EA-9 U24EPR9
Honda Vario 125 PGM FI CPR7EA-9 U22EPR-9
Honda PCX CPR7EA-9 U22EPR-9
Honda C90 / S90Z D6HS X20FS-U
Honda CB 100 / CB125/ CG110 DP8EA-9 X22EP-U
Honda GL100K/ GL125/ CB750K DP8EA-9 X24EP-U9
Honda GL Max DP8EA-9 X24EP-U9
Honda GL Pro DP8EA-9 X24EP-U9
Honda GL Pro Neo Tech DP8EA-9 X24EP-U9
Honda Mega Pro DP8EA-9 X24EP-U9
Honda New Mega Pro CPR9EA9
Honda Tiger 2000 DP8EA-9 X24EP-U9
Honda Win C7HSA U20FS-U
Honda NSR 150 W24ES-U
Honda NSR 150SP/RR W27ES-U
Honda CB600 Hornet U24FER9
Honda CBX 650 X24EP-U9
Honda CB750 F X24EPR-U9
Honda CBR 900RR Fireblade U27FER9
Honda CBR150 CR8E
Honda CB150R MR9C-9N U27EPR-N9
Honda Verza 150 CPR9EA-9
Honda CB150R StreetFire MR9C-9N U27EPR-N9
Honda CBR 250RR SILMAR8C-9

Busi Motor Yamaha

MOTOR NGK DENSO
Yamaha V75 / V80 BP7HS-10 W22FP-US10
Yamaha Sigma BP7HS-10 W22FP-US10
Yamaha Alfa BP7HS-10 W22FP-US10
Yamaha Force1 BP7HS-10 W22FP-US10
Yamaha F1Z / F1ZR BP7HS-10 W22FP-US10
Yamaha Champ BP7HS-10 W22FP-US10
Yamaha LS / L2Super BP7HS-10 W22FP-US
Yamaha RX100 BP7HS-10 W22FP-US10
Yamaha RXK BP8HS-10 W22FP-US10
Yamaha RXS BP8HS-10 W22FP-US10
Yamaha RX King BP8HS-10 W22FP-US10
Yamaha Crypton C7HSA U22FS-U
Yamaha Vega R C7HSA U22FS-U
Yamaha Jupiter Z C7HSA U22FS-U
Yamaha Jupiter ZR C7HSA U22FS-U
Yamaha Jupiter MX CPR8EA-9 U24EPR9
Yamaha Jupiter MX King CR8E
Yamaha mio C7HSA U22FSR-U
Yamaha Mio Sporty CR8E U24ESR-N
Yamaha Nouvo C7HSA U22FSR-U
Yamaha Mio J CR6HSA U22FS-U
Yamaha Xeon CR7E
Yamaha Mio Soul C7HSA U22FSR-U
Yamaha Byson CPR8EA-9 U24EPR9
Yamaha Vixion CR8E U24ESR-N
Yamaha Scorpio DP8EA-9 X24ES-U
Yamaha RXZ BP7HSA W24ES-Us
Yamaha RZR BP7HSA W24ES-Us
Yamaha Touchs BP7HSA W24ESR-U
Yamaha Majesty U22ES-U
Yamaha YZF-R6 IU31A
Yamaha YZF-R1 IU27A
Yamaha Tiara BP8ES W24ES-Us
Yamaha Y125Z BR8ES W24ES-Us
Yamaha R15 CR9E
Yamaha R25 CR9E
Yamaha R25 ABS CR9E
Yamaha All New Byson FI CPR8EA-9
Yamaha New V-IXION Advance CR8E U24ESR-N
Yamaha MT25 CR9E
Yamaha Jupiter Z1 CR6HSA
Yamaha Vega Force CR6HSA
Yamaha X-Ride CR6HSA U20FSR-U
Yamaha FINO 125 Blue CORE CR6HSA
Yamaha Aerox 155 VVA R CPR8EA9

Busi Motor Suzuki

MOTOR NGK DENSO
Suzuki FR BP7HS-10 W22FP-Us
Suzuki RC80 BP7HS-10 W22FP-Us
Suzuki RC100 BP7HS-10 W22FP-Us
Suzuki Crystal BP7HS-10 W22FP-Us
Suzuki RC110 BP7HS-10 W24FP-Us
Suzuki Tornado GX BP7HS-10 W24FP-Us
Suzuki Tornado GSX BP7HS-10 W24FP-Us
Suzuki Satria 120R BP8ES W24ES-Us
Suzuki Satria RU120 BP8ES W24ES-Us
Suzuki TS 100 BP7HS-10 W22EP-U
Suzuki RGR BP7HS-10 W24ES-Us
Suzuki Smash C7HSA U20FS-U
Suzuki Titan C7HSA U20FS-U
Suzuki Shogun 110 C7HSA U20FS-U
Suzuki Shogun 125 C7HSA U20FS-U
Suzuki Arashi C7HSA U20FS-U
Suzuki Satria FU 150 CR8E U24ESR-N
Suzuki Thunder EN125 CR8E U24ESR-N
Suzuki Thunder GSX250 D8EA X24ES-U
Suzuki Spin C7HSA U20FSR-U
Suzuki Skywave C7HSA U20FSR-U
Suzuki Skydrive C7HSA U20FSR-U
Suzuki FXR150 CR8E U24ESR-N
Suzuki RK Cool BP8ES W24ES-Us
Suzuki Raider125 CR8E U24ES-N
Suzuki GSX750 X24ESR-U
Suzuki GSX-R750 U27ESR-N
Suzuki GSX-R1000 U27ESR-N

Busi Motor Kawasaki

MOTOR NGK DENSO
Kawasaki Merzy 200 BP7ES W22ES-U
Kawasaki Kaze110 CR6HSA U20FS-U
Kawasaki Blitz 125 CR6HSA U20FS-U
Kawasaki ZX 130 CR6HSA U20FS-U
Kawasaki Athlete CR6HSA U20FS-U
Kawasaki Ninja 150 R BP8ES W24ES-U
Kawasaki Ninja RR BP9ECS W27ES-U
Kawasaki Ninja 250 CR8E U24ESR-N
Kawasaki Eliminator 175 U24ESR-N
Kawasaki KLX 150S CR7HSA

Busi Motor Vespa

MOTOR NGK DENSO
Piaggio Vespa PT100TS B6HS W9FP-UL
Piaggio Vespa Super B6HS W9FP-UL
Piaggio Vespa Sprint B6HS W9FP-UL
Piaggio Vespa P150X B7HS W14FP-UL
Piaggio Vespa P150S B7HS W14FP-UL
Piaggio Vespa PX150E B7HS W14FP-UL
Piaggio Vespa Corsa B7HS W20FP-Us
Piaggio Vespa PX150XE B7HS W14EX-U
Piaggio Vespa PX150SE B7HS W14EX-U
Piaggio Vespa Excel 150 B7HS W14EX-U
Piaggio Vespa Exclusive 150 B7HS W14EX-U
Piaggio Vespa DNA180 B7HS U27ESR-N
Piaggio Vespa X9 180 B7HS U27ESR-N

Busi Motor APRILIA
MOTOR NGK DENSO ND IRIDIUM
APRILIA CBU SR125R W24ESR-U IW24
APRILIA CBU RS125 W31ESR-V IW31
APRILIA CBU RS250 W27EMR-C IWM27
APRILIA CBU PEGASO 650 X24ES-U IX24
APRILIA CBU SL100 FALCO XU27EPR-U IXU27
APRILIA CBU RST FUTURA XU27EPR-U IXU27
APRILIA CBU RSV 1000R XU27EPR-U IXU27
APRILIA CBU RSV 1000SP XU27EPR-U IXU27

Busi Motor CAGIVA

MOTOR NGK DENSO ND IRIDIUM
CAGIVA Planet 125 IW29 IW29
CAGIVA Cucciolo 125 U22ESR-N IU22
CAGIVA Mito 125 W27ESR-V IW27
CAGIVA Canyon 500 XU24EPR-U IXU24
CAGIVA Raptor 650 U24ESR-N IU24
CAGIVA V-Raptor 1000 U24ETR IU24A
CAGIVA Grand Canyon 900 XU24EPR-U IXU24
CAGIVA Navigator U24ETR IU24A

Busi Motor DUCATI

JENIS MOTOR NGK DENSO ND IRIDIUM
DUCATI Monster M400 DARK XU24EPR-U IXU24
DUCATI M620 XU27EPR-U IXU27
DUCATI ST2 XU27EPR-U IXU27
DUCATI ST4 / ST4S IXU27 IXU27
DUCATI Monster 750 Sport / SS XU24EPR-U IXU24
DUCATI Monster S4 IXU27 IXU27

Itulah daftar kode busi motor standart yang admin rangkum. Jika ada salah dalam penulisan kode busi, silahkan bantu kami untuk membenahi melalui kolom komentar yang telah kami sediakan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel