-->

Pentingnya Sarung Tangan Saat Mengendarai Motor

Maniakotomotif.com - Pentingnya Sarung Tangan Saat Mengendarai Motor, halo sobat otomotif semua, disaat kita berkendara memakai kendaraan roda dua, ada beberapa hal yang erat kaitannya untuk menjaga keselamatan yang wajib kita perhatikan. Seperti contohnya perlengkapan berkendara yakni helm, jaket, sepatu dan sarung tangan.

Untuk helm sudah jelas fungsinya melindungi kepala saat terjadinya crash atau tabrakan dan kita terjatuh, sedangkan jaket untuk melindungi diri dari angin yang masuk, begitu pula dengan sepatu.
Pentingnya Sarung Tangan Saat Mengendarai Motor
Image: Pertamina
Tau nggak sih otolovers bahwa ternyata penggunaan sarung tangan yang kita anggap sepele juga mempunyai peranan penting sebagai bagian dari alat keamaan serta pelindung diri saat memakai motor. Sebagai pengendara motor yang baik, kita juga harus memahami keselamatan berkendara, tentu manfaat sarung tangan harus dipahami.

Berikut 4 manfaat menggunakan sarung tangan saat berkendara seperti yang admin kutip dari liputan6

Perlindungan
Memakai sarung tangan dapat mencegah gesekan konstan antara setang motor dengan kulit yang berpotensi menyebabkan lecet, terutama ketika sedang berkeringat. Hal lain yang tak kalah penting ialah adanya gesekan lain yang menimbulkan ketidaknyamanan karena getaran saat berkendara.

Cengkraman
Beberapa jenis sarung tangan motor dilengkapi dengan karet, sehingga lebih mudah mencengkeram setang saat cuaca panas, basah, atau lembab. Jika cengkraman semakin baik, kontrol sepeda motor pun akan lebih baik.

Suhu
Sarung tangan juga berfungsi untuk memberikan kehangatan saat cuaca dingin karena hujan. Jika pengendara mencengkeram benda dingin seperti setang. Sarung tangan akan membantu menghindari hipotermia saat melintasi daerah dingin. Di musim kemarau, sarung tangan juga berfungsi melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Keamanan
Fungsi terakhir adalah fungsi yang paling esensial dari penggunaan sarung tangan saat mengendarai motor. Sarung tangan akan membantu mengurangi cedera serius pada bagian tangan jika terjadi kecelakaan. Biasanya, saat terjadi benturan atau jatuh gerak refleks tangan akan langsung melindungi bagian tubuh lainnya, hal ini berpotensi menyebabkan tangan terluka.

Dari keempat manfaat itulah sarung tangan menjadi penting peranannya saat kita berkendara roda dua, maka lengkapi safety kita dan insha allah kita bisa meminimalisir kejadian yang tidak terduga dijalan raya.

Semoga artikel tentang Pentingnya Sarung Tangan Saat Mengendarai Motor bisa menambah wawasan kita dan tetap keep safety saat berkendara ya sobat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel