-->

4 Cara Mudah Memperbaiki Starter Mobil Rusak Sendiri di Rumah

Maniak Otomotif - Cara Mudah Memperbaiki Starter Mobil Rusak, Masalah yang seringkali terjadi pada kendaraan serta membuat jengkel ialah mogok lantaran sistem starter pada mobil yang rusak. Anda barangkali sempat mengalami hal itu yakni kendaraan mobil yang tidak dapat di starter. Jika Anda sempat alami hal itu Anda juga bakal mendorong mobil atau menjumper aki agar mesin mobil hidup kembali. 
cara memperbaiki starter mobil

Sebetulnya ada cara memperbaiki starter mobil yang rusak dan dapat Anda kerjakan sendiri. Namun awal mulanya alangkah terlebih dulu tahu pemicu dari starter mobil yang rusak. Berikut adalah yang menimbulkan starter mobil yang rusak serta langkah perbaiki starter mobil yang rusak : 
  • Lampu control yang ada pada dashboard hidup waktu kontak serta saat starter terdengar nada seperti ngelitik. 
  • Lampu kontrol dashboard hidup waktu kontak lantas ketika starter tidak berfungsi akan tetapi lampu dashboard berkedip. 
  • Lampu control dashboard mati ketika kontak serta tidak dapat di starter. 
  • Starter berjalan normal, akan tetapi mesin tidak bisa berputar dan muncul bunyi gesekan gigi berputar seperti “kreeekk”. 
Penyebab starter mobil yang rusak diatas umumnya diketemukan pada masalah starter mobil. Karena itu di bawah ini adalah jalan keluar serta langkah perbaiki starter mobil yang rusak : 

Mengecek Soket Automatis Dinamo Starter 
Saat starter mobil tidak berfungsi, namun lampu control dashboard menyala, serta saat di coba di starter tampak lampu berkedip, jadi yang perlu Anda kerjakan ialah mengecek soket automatis dinamo starter. Ada satu kabel memiliki ukuran kecil yang tersambung ke dinamo starter. 

Anda dapat mengecek kabel kecil tadi terlepas atau putus. Lalu Anda bisa mengecek sikring dan relay nya. Jika waktu Anda coba starter relay ada bunyi “klek” kemungkinan permasalahannya tidak dari relay dan sikring. 

Ada jalan keluar terbaik untuk mengatasi perihal ini yaitu harus di tangani oleh pakar mekanik bengkel dinamo. Langkah perbaiki starter mobil yang rusak darurat, Anda bisa menyalakan mesin mobil Anda lewat cara mendorongnya. 

Membawa Mobil ke Bengkel 
Jika Anda alami starter yang ada bunyi “krekkk” dan mesin tidak bisa berputar serta hidup, jadi masalah ini karena disebabkan gigi starter atau flaywheel sudah mengalami keausan. 

Untuk aus di salah satunya bagian, itu tidak jadi masalah, Anda dapat mencobanya terus. Nanti untuk sisi yang masih tetap bagus bisa normal. Akan tetapi Anda harus masih memperbaikinya, serta langkah perbaiki starter mobil yang rusak itu yakni dengan membawanya ke bengkel. 

Periksalah Kleman Kabel Aki 
Bila waktu di starter terdengar nada ngelitik yang cukup keras, hal itu mengisyaratkan jika strum aki lemah dan tidak kuat untuk mengalirkan arus pada sistem starter serta memutar flaywheel. Saat keluar bunyi itu akan di ikuti lampu control dashboard yang berkedip. Serta metode perbaiki starter mobil yang rusak itu yakni coba dengan mengecek kleman kabel aki yang ada di terminal positif dan negatif. 

Mungkin ada kelonggaran pada baut atau kotor. Jika tidak ada kelonggaran pada terminal positif serta negatif, maka aki dalam keadaan kurang baik. Serta jalan keluar untuk menanganinya yakni Anda dapat menjumpernya lewat cara mendorongnya, dan langkah tersebut tidak berlaku untuk mobil matik. 

Periksalah Kabel Aki Mungkin Ada yang Longgar 
Saat mobil di starter mati dan semua lampu control mati, problemnya berarti ada di strum. Coba Anda check kabel aki besar kemungkinan yang longgar, jika kabel baik-baik saja serta strum aki normal. Anda dapat mengecek di soket kunci kontak, bila tidak berhasil temukan permasalahannya, baiknya hubungi ahli mekanik untuk jalan keluar yang terbaik. 

Demikian yang bisa Anda ketahui tentang langkah perbaiki starter mobil yang rusak. Mudah-mudahan info diatas dapat berguna untuk Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel