-->

Mesin Motor Sulit Dinyalakan? Ini Dia Penyebabnya!

Maniakotomotif.com - Penyebab Mesin Motor Sulit Dinyalakan, Apakah Mesin Anda Motor Sulit Dinyalakan? Ada beberapa hal yang bisa membuat mesin motor Anda menjadi tidak dapat dinyalakan dengan mudah. Namun, kebanyakan motor yang sulit dinyalakan itu karena motor tersebut kurang perawatan. Maka dari itulah, setiap pemilik kendaraan bermotor harus sadar terhadap pentingnya merawat tunggangannya sendiri.
Penyebab Mesin Motor Sulit Dinyalakan
Anda bisa membayangkan saat Anda berangkat kerja, namun tiba-tiba saja motor Anda sulit dinyalakan? Untuk Anda yang dapat menganalisa penyebabnya dan setelah itu memperbaikinya, mungkin ini tidak jadi masalah. Lalu, bagaimana jika Anda tidak tahu tentang masalah mesin motor? Tentu saja ini bisa menjadi masalah besar untuk diri Anda. Apalagi Anda sedang terburu-buru untuk pergi ke kantor.

Sebenarnya, sepeda motor itu bisa sulit dinyalakan karena bahan bakar yang ada di dalam silinder motor tidak terbakar dengan sempurna. Terdapat 3 hal utama yang berkaitan dengan proses pembakaran motor. Yaitu, bahan bakar, udara, dan juga pengapian. Bila ketiganya dapat bertemu dalam waktu yang sesuai, tentu saja motor bis segera hidup karena memang telah terjadi pembakaran dengan sempurna. Namun, yang menjadi masalah adalah bila ketiga komponen itu sudah mulai bermasalah dan tidak ada dalam komposisi dan timing yang tepat.

Misalnya saja campuran di antara udara dan bahan bakar yang telah masuk ke dalam silinder tidak pas dengan campuran dari bahan bakar. Sehingga, hal ini membuatnya sulit terbakar. Sehingga, bisa ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya penyebab dari mesin motor sulit dinyalakan itu adalah sebagai berikut ini:

Campuran Bahan Bakarnya Tidak Sesuai
Dalam sistem karburator campuran itu bisa diatur menggunakan bantuan dari sebuah baut. Bila campuran dari bahan bakar beserta udaranya tidak pas, misalnya saja terlalu kurus atau terlalu gemuk, sehingga hal ini membuat motor menjadi sulit untuk dinyalakan. Maka dari itulah jika hal ini terjadi, sebaiknya lakukan pengaturan yang tepat. Caranya adalah cukup putar saja bautnya hingga mentok, setelah itu balikkan lagi, setidaknya sebanyak 1 setengah dari putaran tersebut.

Pengapian Motor
Penyebab Mesin Motor Sulit Dinyalakan
Pada dasarnya, timing pengapian itu berpengaruh besar terhadap proses pembakaran yang terjadi dalam silinder motor. Namun sayangnya, timing pengapian itu tidak akan bisa berubah karena telah diset untuk mati. Sehingga, salah satu kemungkinan yang bisa menyebabkan mesin motor sulit dinyalakan adalah karena api businya kecil. Hal ini bisa saja terjadi karena busi motor sedang kotor atau bahkan memang mau mati. Disamping itu, hal ini juga bisa terjadi karena adanya masalah di bagian komponen pengapian yang lain. Misalnya saja, seperti koil dan CDI pengapian yang telah uzur.

Vakum Bensin Rusak
Pada beberapa sebagian besar motor itu dilengkapi pula dengan vakum bensin. Bila dibagian ini telah rusak, hal ini bisa menyebabkan aliran bahan bakar yang berasal dari tangki menuju ke karburator menjadi tersendat. Akibatnya, mesin motor sulit dinyalakan.

Celah Katupnya Tidak Pas
Ini jarang sekali terjadi. Namun, bila setelah untuk katupnya tidak sesuai, hal ini membuat proses pemasukan bahan bakar motor menjadi tidak tepat. Akibatnya, motor menjadi sulit untuk dinyalakan atau bahkan tidak dapat dinyalakan sama sekali.

Bahan Bakar Telah Bercampur dengan Air
Beberapa anak muda biasanya suka sekali melepas filter udara. Sehingga, hal ini membuat air bisa masuk dan bersampur dengan bensin. Akibatnya, hal ini bisa membuat mesin motor sulit dinyalakan.

Itulah 5 Hal yang menyebabkan motor sulit dinyalakan dan wajib bagi para rider mengetahuinya. Semoga artikel diatas bisa menambah wawasan sobat otolovers semua, dan jangan lupa selalu lakukan perawatan pada kendaraan kita. Selamat beraktifitas dan salam seduluran...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel