-->

5 Cara Mengisi Ulang Aki Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Maniak Otomotif - Cara Mengisi Air Aki Biar Awet, Seperti yang telah kita kenali bersama sahabat, aki adalah salah satunya elemen yang terpenting dalam mobil. Aki ini adalah satu alat yang bisa menyimpan daya ( biasanya daya listrik ) dan berbentuk daya kimia. 
Cara Mengisi Air Aki Biar Awet

Elemen aki atau yang umumnya dimaksud dengan accu ialah satu sel listrik pada sistem kelistrikan pada mobil di mana di dalamnya berjalan proses elektrokimia yang berbentuk reversibel ( bisa berbalikan ), dan mempunyai efisiensi yang tinggi sekali. 

Mengenai proses elektrokimia yang ada pada aki mobil itu ialah sebenarnya di baterei itu terdapat berlangsungnya proses pengubahan kimia jadi tenaga listrik ( proses pengosongan ). Karena itu, bila anda ingin membeli sebuah komponen penyusun aki mobil, sebaiknya anda memahami terlebh dulu akan spesifikasi aki yang pas untuk mobil anda itu. 

Mengenai cara pengisian air aki yang benar supaya aki mobil awet diantaranya ialah seperti berikut : 

1. Buka Tutup Seal Aki 
Saat anda akan isi air aki dalam mobil anda, pertama anda mesti membuka tutup seal aki itu dengan perlahan-lahan. Umumnya pada tutup aki itu, ada 6 sela yang perlu anda buka satu-satu. Silakan anda membuka ke enam seal itu dengan cara putar ke samping kiri sampai mentok serta seal itu sukses dibuka. 

2. Cek Batas Air Aki 
Sebelum anda memutuskan untuk lakukan pengisian air aki itu pada mobil anda, jadi anda sebaiknya cek terlebih dulu berapa banyak air aki yang anda perlukan supaya tidak terbuang sia – sia nanti. Tidak hanya itu sahabat, perihal yang tidak kalah penting yang lain yang perlu anda lihat ialah pastikan type air aki yang akan anda isi ke aki mobil anda ialah jenis air aki yang sama dengan sisaan yang ada dalam aki mobil itu. 

Serta untuk langkah yang lebih aman, anda sebaiknya membersihkan terlebih dulu bekas air aki yang lama baru memberikan air aki yang baru pada mobil anda. Hal ini ikut berperan untuk bikin air aki anda awet dalam pemakaiannya. 

3. Isi Air Aki 
Cara Mengisi Air Aki Biar Awet
Saat anda akan isi air aki itu, awal mulanya sediakan terlebih dulu corong yang memiliki ukuran kira – kira masuk dalam lubang sel aki itu, sebab memiliki fungsi untuk mencegah air aki itu tumpah saat proses pengisian. Tuanglah air aki itu sampai pada batas upper atau ada pada posisi full. 

4. Yakinkan Semua Lubang Seal Terisi Rata 
Sesudah anda selesai memberikan air aki pada semua lubang seal aki mobil anda, jadi yakinkan semua lubang seal pada aki itu berisi rata serta sampai garis upper. Yakinkan anda mengeceknya dengan baik. 

5. Tutup Lobang Seal dengan Rapat 
Sesudah diyakinkan semua telah terisi sampai pada batas upper semua seal yang ada di aki mobil anda itu, tutuplah kembali lubang aki atau seal itu sampai erat. Putar kembali ke posisi samping kanan ( saat membuka putar samping kiri, sedangkan menutup kembali putar ke samping kanan ). 

Sesudah benar – benar tertutup, sekarang waktunya anda membersiahkan permukaan cover aki itu dengan menggunakan lap yang bersih untuk memastikan tidak ada air aki yang tercecer dibagian atas aki mobil anda. 

Nah sobat semua, mudah bukan langkah pengisian air aki yang benar supaya aki mobil awet itu. Mudah-mudahan penjelasan di atas dapat berguna buat anda yang telah membacanya. Ketahui rusaknya mobil anda terlebih dulu sebelum coba langkah yang penulis beri. Sampai jumpa, salam hangat selalu dari penulis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel