Maniak Otomotif

Blog Penggila Otomotif

Cara Mudah Mengatasi Bohlam Lampu Motor Sering Putus

Maniak Otomotif - Cara Mudah Mengatasi Bohlam Lampu Motor Sering Putus, Fungsi lampu pada motor memang sangatlah penting apalagi jika kita sering berkendara di malam hari. Mengenai problem lampu sepeda motor kita, ada beberapa keluhan dari sobat maniak otomotif tentang Bohlam Lampu Motornya yang Sering putus, baru beberapa hari diganti baru langsung putus lagi. Oleh karena itu dalam kesempatan yang berbahagia ini admin akan mencoba berbagi informasi untuk sobat mengenai apa penyebab dari seringnya bohlam lampu motor putus serta tips dan cara untuk mengatasinya, berikut informasi lengkapnya.
Sebab bohlam mati mendadak karena usai pakai, korslet atau masalah pada komponen pedukungnya, yaitu kiprok (rectifier/regulator). Tapi, kalau sering, sudah pasti kiprok penyebabnya. Karena part ini punya kemampuan mengatur aliran listrik dari sepul ke bohlam lampu, juga masuknya setrum ke aki. 

Namun biasanya Karena mekanik tahunya bohlam putus, disarankan agar ganti tanpa melakukan pemeriksaan part lain. Nggak lama, salah satu bohlam kembali putus dan aki ikutan soak. Gejala bisa dimulai dari komponen pengatur arus ke lampu, lalu merambat ke komponen pangatur pengisian aki. Apalagi kedua bertempat di dalam satu boks (kiprok). Maka obatnya cuma ganti kiprok original. 

Sedikit penjelasan, sumber arus listrik motor didapat dari lilitan sepul arus AC (AC = Alternating Current) dan besar tegangan berubah-ubah sesuai putaran mesin. Maka diperlukan alat pengubah sistem arah arus dari AC jadi DC, yang selanjutnya ditampung di aki dan tidak akan balik ke sepul pengisian. Alat inilah yang kita sebut Kiprok.

Seiring kemajuan teknologi, kiprok terdiri dari dioda (berupa mikro elektronik berbahan material semi-konduktor bersifat sebagai pengantar arus listrik pada satu arah), akhirnya pabrikan motor mengembangkan teknologi pada kiprok yang namanya jadi regulator/rectifier.

Di dalam komponen pun masih dilengkapi kiprok yang disempurnakan rangkaian penyetabil tegangan. Jadi, meski motor tak dilengkapi kiprok (kiprok rusak), kelistrikan seperti lampu tidak cepat putus.

Nah demikian apa yang bisa admin kutip dari motoralap.blogspot.com tentang Cara Mudah Mengatasi Bohlam Lampu Motor Sering Putus, semoga bermanfaat dan menambah wawasan sobat semua, terimakasih sudah berkunjung.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Bohlam Lampu Motor Sering Putus"